SINGKAWANG – Jumat (26/11/2021) Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singkawang mendapatkan Kunjungan Kerja dan Penguatan Penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) oleh Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi Kementerkan Hukum dan HAM RI, Hermansyah Siregar.

Rangkaian kegiatan diawali dengan penyambutan secara resmi dan persembahan yel-yel oleh Keluarga Besar Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singkawang.

Kemudian, bertempat di Aula Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singkawang, kegiatan penguatan dan pengarahan diawali dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan Mars Kemenkumham serta kata sambutan oleh Kepala Kantor, Azriyal Zam.

Selanjutnya, Kepala Pusdatin Kemenkumham RI, Hermansyah Siregar memberikan Kata Sambutan sekaligus Pengarahan mengenai SPBE kepada Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singkawang

Beliau mengawali sambutan dengan menyampaikan kepada seluruh peserta bahwa sebagai seorang ASN, kita harus memiliki 3 kompetensi yaitu manajerial, teknis dan sosial kultural juga harus dapat memanajemen diri dengan sikap sebagai seorang leadership dan followership.

Hermansyah juga mengarahkan kepada Kantor Imigrasi Singkawang untuk bisa beradaptasi dengan Tatanan Kehidupan yang serba memanfaatkan teknologi agar terus dapat berinovasi dalam setiap bidang khusunya bidang Teknologi dan Informasi dan tidak mengalami disrupsi organisasi.

Melanjutkan arahannya, beliau juga menjelaskan bahwa penyelenggaraan SPBE
telah diatur dalam Permenkumham Nomor 30 Tahun 2021 serta target utama Pustdatin saat ini yaitu Penetapan Indikator Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Pusdatin Kemenkumham RI saat ini juga telah memiliki kurang lebih 70 aplikasi yang dapat digunakan baik untuk internal maupin eksternal Kementerian Hukum dan HAM salah satunya aplikasi Online Kemenkumham (OKE) yang memuat seluruh data dan informasi pelayanan di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM.

Hermansyah juga mendorong Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singkawang dapat membuat inovasi berupa aplikasi dan didaftarkan pada Direktorat Sistem dan Teknologi Informasi (Dirsistik) Kemenkumham RI.

Dalam kesempatan ini, Eko Alfianto sebagai salah satu Staff Seksi Teknologi dan Informasi Keimigrasian memaparkan bahwa saat ini Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singkawang sedang membangun sebuah Sistem Laporan Pelayanan Perbatasan (Silaptas) yang akan segera di launching dan menjadi inovasi baru untuk permasalahan perbatasan khususnya Jagoi Babang sebagai wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singkawang.

Di akhir sambutannya, Kepala Pusdatin berharap setiap pegawai dapat terus memiliki semangat dalam berinovasi, beradaptasi dengan teknologi dan meningkatkan etos kerja serta mengedepankan 3 nilai kompetensi utama sebagai seorang Aparatur Sipil Negara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *