Senin (14/06/2021), Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singkawang Menerima Kunjungan Studi Tiru Pembangunan Zona Integritas Berpredikat Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih  dan Melayani (WBK/WBBM) dari SKPD Pemerintah Kota Singkawang. Kegiatan diawali dengan penyambutan secara resmi oleh Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singkawang di halaman kantor yang oleh Kasubsi Lalu Lintas Keimigrasian, Bibit Nur Handono. Kemudian Tim Studi Tiru Pemerintah Kota Singkawang diterima langsung di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singkawang yang dipimpin oleh Kasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian, Sarwono.

Pada kesempatan ini, Kasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian memimpin jalannya kegiatan studi tiru. Kasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian memberikan sambutan serta memaparkan secara singkat profil Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singkawang. Disampaikan pula hal terkait inovasi dalam pelayanan yang ada di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singkawang beserta sarana dan prasarana penunjang dalam pembangunan ZI berpredikat WBK/WBBM, serta berbagi pengalaman Tim WBK/WBBM Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singkawang dalam upaya untuk memperoleh predikat WBK/WBBM dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi.

Dalam diskusi tersebut, Kasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian mememaparkan bahwa dalam membangun komitmen ZI WBK/WBBM, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singkawang Membentuk Tim Kelompok Kerja yang terdiri dari 30 orang, kemudian dibagi lagi menjadi tim kecil untuk selalu berkomitmen dalam mengarahkan segenap Pegawai Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singkawang dalam  penerapan manajemen perubahan. Kemudian Kasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian melanjutkan bahwa fokus Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singkawang adalah meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan menggunakan serta memaksimalkan bakat atau keahlian yang dimiliki oleh pegawai dalam meningkatkan nilai yang ada di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singkawang.

Setelah acara inti, Tim SKPD Pemerintah Kota Singkawang diajak berkeliling kantor untuk melihat sarana dan prasarana penunjang dalam pembangunan ZI berpredikat WBK/WBBM. Kasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian pada kesempatan ini memperkenalkan inovasi dari Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singkawang yaitu More Than Two Minutes (MT2M),  FREE WHEEL, BETI dan PLB Adventure. MT2M merupakan inovasi dimana petugas akan memeriksa berkas persyaratan paspor tidak lebih dari 2 menit. Kemudian FREE WHEEL merupakan inovasi dimana apabila pemohon paspor tidak dilayani lebih dari 2 jam pada tahap pemeriksaan berkas atau tahap foto wawancara maka akan diberikan kompensasi penggantian biaya perjalanan. BETI adalah singkatan dari Pemberian (penyerahan) paspor dengan tarian Tidayu dan tarian NKRI. PLB Advanture merupakan Inovasi pemberian dokumen Pas Lintas Batas (PLB) bagi penduduk Siding dan Saparan yang bertempat tinggal di daerah yang sulit dijangkau. Tim SKPD Pemerintah Kota Singkawang sangat mengapresiasi inovasi yang dilaksanakan oleh Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singkawang yang berfokus pada peningkatan pelayanan masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *