Singkawang – Pada Hari Kamis ( 04/3/21 ), Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singkawang menyelenggarakan Rapat Koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) Kota Singkawang, yang dipimpin langsung Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singkawang, Tessar Bayu Setyaji. Kegiatan Rapat Koordinasi TIMPORA ini dihadiri sejumlah instansi terkait yang tergabung dalam anggota TIMPORA Kota Singkawang yaitu  Satuan Polisi Pamong Praja Kota Singkawang, Badan Intelijen Strategis (BAIS) Kota Singkawang, Kejaksaan Tinggi Negeri Singkawang, Kodim 1202 Kota Singkawang, Kepolisian Resor Singkawang, Dinas Kesehatan kota Singkawang, Dinas Penanaman Modal dan Tenaga Kerja Kota Singkawang serta Camat Singkawang Utara, Camat Singkawang Selatan, Camat Singkawang Timur, dan Camat Singkawang Tengah maupun Anggota Seksi Inteldakim Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singkawnag untuk berkoordinasi terkait pengawasan orang asing yang ada di wilayah Kota Singkawang.

Dalam sambutannya, Tessar Bayu Setyaji, selaku Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singkawang, menyampaikan bahwa dalam rangka skema penegakan hukum pengawasan orang asing di wilayah Kota Singkawang mengingatkan bahwa kegiatan Tim Pora agar tetap bersinergi dan dilakukan koordinasi tidak hanya di tingkat instansi terkait di Kabupaten/Kota tapi hendaknya juga sampai ke tingkat bawah sampai ke kecamatan, babinsa dan koramil maupun ke desa-desa, sehingga dapat mewujudkan pengawasan terhadap orang asing yang lebih maksimal.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singkawang juga menghimbau untuk memaksimalkan penggunaan Aplikasi Pelaporan Orang Asing (APOA), sebagai wadah pelaporan Orang Asing bagi masyarakat, terkait keberadaan orang asing yang mencurigakan. Dalam hal ini  diharapkan partisipasi para Camat dari tiap Kecamatan di Kota Singkawang untuk dapat memberikan pengarahan bagi warganya untuk ikut berperan aktif dalam mengawasi keberadaan orang asing yang mencurigakan, terutama di wilayah Kota Singkawang.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan, M. Ervan Lesmana, menyampaikan pula rencana pelaksanaan Operasi Gabungan Tim Pengawasan Orang Asing sekaligus menentukan rencana sasaran Operasi Gabungan tersebut terutama terkait dengan isu actual pencegahan penyebaran COVID-19. Pelaksanaan kegiatan Rapat Koordinasi TIMPORA berjalan dengan baik dan lancar dengan  tetap menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran COVI    -19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *