Singkawang (31/08/2020), Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Singkawang melaksanakan kegiatan Press Release Penegakan Hukum Tindak Pidana Keimigrasian dengan tersangka atas nama John Harris Anak Jirem yang Hasil Penyidikannya telah dinyatakan lengkap (P-21) oleh Kejaksaan Negeri Bengkayang. Turut serta hadir Komandan Brigade Infanteri 19/Khatulistiwa sebagai bentuk sinergitas yang baik terkait pengamanan perbatasan Indonesia dan Malaysia di wilayah Jagoi Babang, Kabupaten Bengkayang.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Singkawang Tessar Bayu Setyaji menyampaikan keterangan pers bahwa tersangka JHAJ diduga telah melakukan Tindak pidana Keimigrasian sebagaimana diatur Pasal 113 Jo 119 ayat (1) Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian. Proses penyelidikan dimulai pada tanggal 29 Juni 2020. Setelah cukup bukti, penyidikan tersangka dimulai tanggal 06 Juli 2020 serta dilakukan penahanan. Perpanjangan penahanan dilakukan pada tanggal 16 Juli 2020. Penyerahan berkas perkara Kepada Kejaksaan Negeri Bengkayang pada tanggal 24 Juli 2020. Hasil penydiikan dinyatakan telah lengkap (P-21) oleh Kejaksaan Negeri Bengkayang pada tanggal 13 Agustus 2020. Hari ini tanggal 31 Agustus 2020 penyerahan tersangka dan barang bukti oleh tim PPNS Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Singkawang kepada Kejaksaan Negeri Bengkayang.

Kepala Kantor juga menyatakan bahwa Tugas Imigrasi memberikan legalitas orang yang masuk dan keluar wilayah Indonesia hanya di tempat yang telah ditetapkan sebagai Tempat Pemeriksaan Imigrasi, sehingga fungsi pengawasan lalu lintas orang yang keluar masuk seluruh wilayah Indonesia harus secara optimal disinergikan dengan instansi dan aparat penegak hukum lain yang memiliki kewenangan serta akses dan sumber daya manusia yang memadai dari segi kualitas maupun kuantitas.

Selanjutnya setelah press release selesai tim Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) membawa tersangka untuk menjalani Rapid Test di Rumah Sakit DKT Singkawang. Hasil Rapid Test terhadap tersangka yaitu Non Reaktif, kemudian tim PPNS menuju Kejaksaan Negeri Bengkayang untuk melakukan penyerahan tersangka dan barang bukti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *