Singkawang (28/08/2020), Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Singkawang mengadakan Talkshow dalam rangka sosialisasi tentang Layanan Eazy Paspor di Radio Diaros Duta Swara Singkawang. Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Singkawang Tessar Bayu Setyaji hadir sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut didampingi Kepala Seksi Teknologi Informasi Keimigrasian (Tikim) Sarwono dan Kepala Subseksi Dokumen Perjalanan (Doklan) Bibit Nur Handono.

Eazy Passport merupakan pelayanan penerbitan paspor yang dilaksanakan di luar kantor dengan cara mendatangi lokasi pemohon menggunakan perangkat mobile unit Surat Perjalanan Republik Indonesia (SPRI). Hal tersebut merujuk dari Surat Edaran (SE) Dirjen Imigrasi Nomor IMI-GR.01.01-0946 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Tugas dan Fungsi Keimigrasian Dalam Masa Tatanan Normal Baru.

Kepala Kantor menyatakan bahwa banyak kemudahan melalui Eazy Passport. Dengan layanan ini, kelompok masyarakat bisa mengajukan permohonan paspor secara kolektif untuk perkantoran, instansi pemerintah, kompleks perumahan, komunitas dan masyarakat umum. Pemohon yang ingin mendapatkan layanan Eazy Passport tersebut cukup mengajukan permohonan ke Kantor Imigrasi Kelas II Singkawang dan mendaftarkan peserta secara kolektif. Selanjutnya petugas kami akan melakukan survei terkait protokol kesehatan selama pandemi covid-19 dan terkait sarana prasana untuk mendukung operasional perangkat mobile passport di tempat yang akan dilaksanakan layanan Eazy Passport. Apabila protokol dan sarana prasarana kurang lengkap akan kami lengkapi kemudian sesuai jadwal akan kami datangi lokasinya untuk langsung kami layani proses pembuatan paspor di tempat itu juga tentu dengan dokumen persyaratan yang lengkap, tidak perlu ke kantor Imigrasi. Kepala Kantor juga menambahkan bahwa layanan Eazy Passport hanya melayani Permohonan Paspor Baru dan Penggantian Paspor Habis Masa Berlaku. Untuk pelayanan Penggantian Paspor Karena Hilang / Rusak diarahkan untuk datang langsung ke Kantor Imigrasi guna mengikuti prosedur pemeriksaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *