Foto : Lin Ming Yao saat diamankan di kantor Imigrasi Kelas II Singkawang, Rabu (11/10/2017).

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Try Juliansyah

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINGKAWANG – Kantor Imigrasi Kelas II Singkawang telah menitipkan seorang warga negara asal Taiwan, Lin Ming Yao (51) ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Provinsi Kalbar tepatnya di Kelurahan Bagak Sahwa, Kecamatan Singkawang Timur, Rabu (11/10/2017).

Dimana sebelumnya, warga Taiwan ini diamankan anggota Polres Singkawang karena meresahkan warga.

“Awalnya dia ini membuat keributan di pasar. Setelah dilakukan penyelidikan oleh anggota, ternyata dia merupakan orang asing, maka diserahkanlah WNA tersebut ke Kantor Imigrasi untuk tindakan lebih lanjut,” ujar Kasi Wasdakim Kantor Imigrasi Kelas II Singkawang, Panji Mulyawan.

Menurutnya, orang asing tersebut telah diserahkan Polres Singkawang ke Imigrasi, Rabu pagi sekitar pukul 06.30 WIB.

Melihat ganguan mental yang dialami yang bersangkutan sangat berat, maka diakuinya warga asing tersebut dibawa ke RSJ dengan didampingi istrinya.

“Mengenai tindakan selanjutnya, kami masih menunggu hasil pemeriksaan RSJ. Jika memang kondisinya sudah betul-betul pulih maka yang bersangkutan akan kami deportasi ke negara asal,” tuturnya.

Menurutnya warga asing tersebut datang ke Indonesia bersama istri tepatnya di Kota Singkawang, 6 Oktober 2017 lalu.

“Dia ini datang ke Singkawang dalam rangka acara pernikahan keluarga, selama di Singkawang tinggal di tempat adiknya di Sungai Garam,” lanjutnya.

Menurutnya, berdasarkan pengakuan istrinya, yang bersangkutan ini secara tiba-tiba mengalami depresi. Karena, seumur hidupnya yang bersangkutan baru pertama kali mengalami penyakit tersebut.

“Sementara kondisi kesehatannya terlihat biasa-biasa saja alias sehat wal’afiat. Namun tiba-tiba seperti itu, dan menurut istrinya tidak pernah suaminya mengalami hal tersebut sebelumnya,” tutupnya.

Sumber : http://pontianak.tribunnews.com/2017/10/11/imigrasi-singkawang-amankan-orang-gila-asal-taiwan

Penulis: Try Juliansyah

Editor: Nasaruddin

Sumber: Tribun Pontianak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *